Gili Trawangan Lombok, Obyek Wisata Laut Yang Sangat Memikat Hati

Gili Trawangan Lombok sepertinya sudah menjadi primadona yang selalu dijadikan suatu tempat memanjakan diri saat libur tiba. Tahukah Anda jika Gili Trawangan ini masuk ke dalam jajaran Top 10 Region yang direkomendasikan dalam sebuah buku yang telah dirilis tahun 2011 berjudul Lonely Planet Best. Gili Trawangan merupakan suatu pulau sepanjang 2 km dan lebar 1,5 km yang masuk dalam wilayah Nusa Tenggara Barat.

Gili Trawangan Lombok

Karena kawasan ini kecil, jadi Anda akan menjelajahi pulau ini dengan hanya 2 jam saja. Menariknya kawasan ini memiliki peraturan yang berbeda dengan kawasan wisata lainnya, dimana tidak akan terdengar suara bising dari motor, yang ada hanyalah suara kaki kuda yang mengangkut orang-orang di dalam delman atau Cidomo. Mungkin ini lah yang menjadi pesona alam di sini masih sangat asri karena terbebas dari asap kendaraan, jadi Anda dapat bersepeda santai di jalanan tanpa takut dengan asap knalpot motor. Gili Trawangan juga menyuguhkan keindahan pantai berpasir putih dimana terhampar luas laut lepas berwarna biru jernih di sana.

Spot primadona di Gili Trawangan Kecamatan Pemenang

  1. Pantai pasir putih

Suatu pantai yang tak perlu disanggah lagi keindahan alam yang ada dengan menyajikan laut biru menyapu hamparan pasir putih, serta dari kejauhan ada dua gunung yang menjulang tinggi yaitu Gunung Rinjani dan Gunung Agung. Bersantai di sini akan membuat Anda melupakan waktu yang terus bergulir.

  1. Harta kehidupan bawah laut

Jika daratannya saja indah, pasti kehidupan bawah laut pun tak kalah indah. Anda dapat menikmatinya dengan melakukan diving dengan kelas internasional yang akan ditemani pemandu selama berpetualang di bawah laut. Anda dapat menyewa peralatan diving di sini dan akan memilih spot yang Anda inginkan antara lain Jack Point, Halik reef, Sharkpoint, Bounty Reef, CoralFanGardern, Trawangan Slope, Simon Reef, dan Turbo. Masing-masing spot ini memiliki tingkat kesulitan dan keindahan yang tak sama, jadi itu semua akan disesuaikan dengan handal atau tidaknya Anda menyelam, jika tidak Anda bisa melakukan snorkeling yang juga akan menyuguhkan kehidupan biota laut yang memikat. Jika Anda menyelam sedalam 10-20 meter, maka Anda akan bertemu dengan disambut ramah tamah dari si penyu hijau.

  1. Sunset Gili Trawangan

Ada satu spot menikmati sunset bernama Sunset View yang akan menutup aktivitas siang Anda dengan pemandangan penutup yang eksotis kala sunset mulai terpancar warna jingganya. Anda dapat duduk santai sembari mengobrol atau bercanda ria ditemani dengan makanan yang dijajak di sini. Sungguh penutup senja yang menawan.

  1. Konservasi Kura-kura

Di Gili Trawangan telah berdiri sebuah konservasi kura-kura yang jika dirasa sudah siap akan dikembalikan ke habitat aslinya ke laut lepas. Menariknya adalah dalam pelepasan kura-kura akan dilakukan upacara adat sebagai simbol yang menggambarkan kura-kura ini akan hidup dan berkembang biak ke habitat aslinya.

  1. Presean

Anda akan dibuat meringis dan bulu kuduk pun berdiri saat melihat pertunjukkan seni di sekitar Pasar Seni yang akan menampilkan Suku Sasak yang sedang melakukan bela diri untuk melukai lawan mainnya. Akan ada salah satu di antara mereka yang akan terluka akibat pertarungan sengit ini, riuh suara penonton memberikan semangat kepada jagoan andalan mereka bersatu padu dengan suara musik tradisional Lombok bernama Beleganjur. Akan ada komentator yang selalu membuat keriuhan pertandingan ini semakin hidup.

  1. Live Music

Meski kawasan ini masih alami, namun beragam fasilitas hiburan sudah ada di sini mulai dari bar dan cafe yang akan memanjakan para wisatawan menikmati live music yang akan menemani malam-malam Anda di Gili Trawangan.

Hotel

Gili Trawangan memang tak pernah sepi pengunjung, untuk itu ada baiknya jika Anda melakukan pemesanan kamar jauh-jauh hari melalui situs online Agoda.

batu safir srilanka

iklan batu permata

Rute ke Gili Trawangan

Anda dapat melakukan tour dengan banyak penawaran yang dilakukan oleh biro perjalanan dengan wisata Bali dan Lombok yang sudah mencakup menuju Gili Trawangan. Anda akan naik bus dari Mataram-Rembiga-Pamenang-Trawangan (kapal) selama 45 menit.

Di Oktober 2015 anda juga bisa naik fast boat dengan kecepatan 45 knot seperti Ganggari Fast Boat ataupun menggunakan Quick Silver dari Bali (Nusa Lembongan).

Jika sudah menginjakkan kaki di Trawangan akan banyak penawaran dari biro travel dengan tour menuju Gili Trawangan dengan kegiatan yang ditawarkan mulai dari diving, snorkeling, naik cidomo, dan masih banyak lagi.

Author: Flying Eagle

publishing inquiry call / SMS 021 9 9 2 3 3 1 8 6

Share This Post On

Pin It on Pinterest

Share This